Mahasiswa FEB UMJ yang tergabung dalam Wahana Kreatifitas Seni (WKS) Qastalani menggelar pertunjukan seni monolog. Enam mahasiswa yang kesemuanya merupakan anggota WKS Qastalani itu memperlihatkan kebolehannya dalam seni monolog di Aula Pascasarjana UMJ pada Rabu, 11 April 2019 lalu. Pementasan di gelar sebanyak dua sesi, yakni, pukul 13.00 WIB dan pukul 19.00 WIB malam.

Sebanyak enam aktor mementaskan enam naskah pilihan mereka masing-masing. Naskah dan actor yang memerankan yakni, ‘Hara Kiri’ karya Zohri Junedi, dibawakan oleh Dayat, mahasiswa program studi manajemen semester 2, ‘Surat Kecil untuk Ayah’ karya Latifah, dibawakan oleh Selly Asrina, mahasiswa prodi manajemen semester 2, ‘Gila’ karya Uyunk, dibawakan oleh Khaidir, mahasiswa program studi manajemen semester 2, ‘Peti Mati Kekasihku’ karya Halim Bahriz, dibawakan oleh Adelia Rizky, mahasiswa prodi manajemen semester 2, ‘Terhadap Cita Karya …’ dibawakan Lucky Cleverly, mahasiswa prodi manajemen semester 6, ‘Derita Rakyat Jelata’ karya Fajar, dikutip dari puisi “Tanah Air Mata” karya Soetardji, dibawakan oleh Fajar Al-Amin prodi manajemen semester 4.
Salah seorang aktor, Fajar, mengatakan, dirinya merasa senang bisa menyalurkan hobi sekaligus berkesenian di kampus. Fajar yang berlatih serius untuk pementasan ini berharap, pertunjukan yang ditampilkan bisa memberikan energi dan cakrawala imajinasi mahasiswa dalam setiap sendi kehidupan. “Aku senang. Aku juga berharap yang menyaksikan senang,” katanya.
Pada pertunjukan ini selain menampilkan seni monolog, juga menampilkan sejumlah kesenian lainnya, yakni pertunjukan tari tradisional ‘Genjring Party’ asal Subang dan pembacaan puisi yang berjudul ‘Sajak pertemuan Mahasiswa’ Karya W.S. Rendra.

Sekitar 100 penikmat kesenian menyaksikan pertunjukan ini. Mereka kebanyakan merupakan mahasiswa baik dari UMJ maupun luar UMJ, alumni, juga sejumlah pimpinan lembaga kemahasiswaan maupun pimpinan kampus seperti Wakil Dekan III FEB UMJ, Sulhendri SE., M.Si.
Ketua umum WKS Qastalani, Muhammad Syahid Fajri, mengatakan, pementasan monolog digelar sebagai ajang pemanasan event besar yang tidak lama lagi akan di gelar pihaknya, yakni acara ‘Qastalani Voice 2018’. Sebuah acara yang akan menyajikan berbagai pertunjukan seni, hiburan yang atraktif, mendidik dan mencerahkan.
“Acara itu InsyaAllah kita laksanakan April sampai bulan Mei nanti,” katanya.

FEB UMJ Gelar Pelatihan Teknik Instruksional
FEB UMJ menggelar Pelatihan Keterampilan Dasar Teknik Intruksional (PEKERTI). Pelatihan yang digelar 13 April 2018 itu dihadiri seluruh dosen FEB UMJ.
PEKERTI merupakan pembekalan metodologi pembelajaran untuk dosen berlatar belakang ilmu murni. Pelatihan menggali tentang perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi pembelajaran pembelajaran mahasiswa.
Instruktur pelatihan, Dr. Suprijanto., M.Pd. mengatakan, dalam pelatihan dibahas mengenai evaluasi proses pembelajaran yang dilakukan selama ini. “Saya tadi berikan materi agar bagaimana para dosen bisa mengembangkan soal, dimulai dari membuat kisi-kisi dan membuat butir-butir soal,” kata Suprijanto, usai memberikan pelatihan.
“Evaluasi untuk pembelajaran penting, ini adalah cara mengukur keberhasilan dosen dalam belajar, dosen harus menguasai, jadi bisa merencanakan, melaksanakan dan mengukur hasil pembelajaran dengan mengevaluasi,” ujar Suprijanto.

Sementara, Wakil Dekan I, Dr. Liza Nora, SE. MM., mengatakan, pembekalan dosen dilakukan agar sistem pembelajaran makin baik dan meningkat, dosen mampu memahami mahasiswa yang memiliki beragam karakter dan mampu menghadapi setiap masalah mahasiswa.

Pelatihan PEKERTI dimulai pukul 13.00 -17.00 WIB dihadiri seluruh dosen FEB UMJ. “Alhamdulillah para dosen mensuport dan sangat antusias dengan acara ini,” ujar Liza.

“Alhamdulillah dosen-dosen mensuport dan sangat antusias, mereka juga berharap kegiatan ini terus berlanjut,” kata Liza.

“Nanti kita akan lanjutkan lagi , itu nanti keterampilan dosen dalam membuat buku pengajaran, kita berharap apa yang dipelajari bisa diaplikasikan pada proses belajar mengajar pada mahasiswa nanti,” kata Liza.

Logo Terbaru

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *