FEB UMJ berpartisipasi dalam program One Kecamatan One Center for Entrepreneurship yang digagas Pemprov DKI Jakarta. Sejumlah dosen terlibat menjadi pelatih dalam program yang populer dengan sebutan OK OCE itu.

 

Dosen FEB UMJ, Nur Asni Gani, S.Sos, mengatakan ada 10 dosen yang dilibatkan sebagai pelatih OK OCE. Mereka bertugas memberikan ilmu dalam pelatihan kepada para calon pengusaha UMKM di wilayah DKI Jakarta yang menjadi peserta OK OCE.

 

“Para dosen ini akan mengajar di wilayah-wilayah di DKI Jakarta, seperti di kantor kecamatan, kelurahan, dan sejumlah tempat lainnya milik Pemda. Mereka akan menyampaikan  materi keterampilan dasar wirausaha ke wirausaha pemula maupun mereka yang baru akan memulai usahanya,” ujar Asni yang menjadi koordinator dosen dalam kerjasama itu.

 

10 Dosen FEB UMJ yang berpartisipasi yakni Rony Edward Utama SE, MM., Setemberizal, SE, Ak, CA, M., Jaharuddin, SE, ME., Nor Lailla SE, MM., Joko Hananto ST, MM., Daman Sudarman, SE, MM., Luqman Hakim M.Si, Ak, CA, QIA.,  Maswanto, SE, MM., Nur Asni Gani S.Sos, MM., Dr. M.Nur A. Birton, SE, M.Si. Selain berprofesi sebagai dosen, ke 10 dosen FEB UMJ itu juga memiliki latar belakang wirausaha sehingga bisa membagi ilmunya.

 

Asni mengatakan para dosen yang terlibat diharapkan bisa berbagi ilmu teoritis dan praktis terutama dibidang ekonomi bisnis. Mereka juga diharapkan bisa menyampaikan nilai-nilai positif dari seorang wirausaha.

 

“Dosen yang menjadi pengajar juga bisa memberi motivasi masyarakat untuk lebih percaya diri berwirausaha. Yang tadinya tidak punya usaha jadi punya usaha, dari yang sudah punya usaha, usahanya bisa berkembang besar,” ujar Asni saat sosialisasi program di ruang Aula FEB UMJ, Jumat, 7 September 2018.

 

Dosen yang juga pengusaha muda itu menjelaskan program kerjasama antara FEB UMJ dengan Pemprov DKI ini tidak sama sekali berkaitan dengan politik. Keterlibatan para dosen salah satunya merupakan bagian dari upaya pengabdian UMJ mencerdaskan kehidupan bangsa sesuai cita-cita Muhammadiyah. “Para dosen menitikberatkan kepada penyebaran ilmu, ini berkaitan juga dengan caturdarma perguruan tinggi,” tandasnya.

 

Kerjasama ini sebelumnya diawali penandatanganan Memorandum Of Understanding (MoU) antara FEB UMJ yang diwakili Dekan Dr. Andry Priharta SE. MM., dengan Gerakan OK OCE (PGO) yang diwakili Sekjen Iim Rusyamsi ST, MM., April 2018 lalu. Sejak itu FEB UMJ menjadi bagian dari program yang bertujuan menelurkan pengusaha baru di Ibukota itu.

 

 

 

Reporter: Muflih Murtadla

Pj Editor: Wadek III, Sulhendri SE., MSi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *