FEB UMJ terus meningkatkan kemampuan teknik mengajar para dosennya dalam berhadapan dengan mahasiswa generasi milenial. Para dosen dibekali dengan pelatihan lanjutan Peningkatan Keterampilan Dasar Teknik Instruksional (PEKERTI).

 

Dosen diberikan materi media dan bahan ajar pada Sabtu, 24 Agustus 2018. Pelatihan ini merupakan pelatihan lanjutan PEKERTI yang sudah berlanjut selama 5 tahap yang dilaksanakan FEB UMJ.

 

Pelatihan yang dihadiri seluruh dosen FEB UMJ ini menghadirkan narasumber dari Universitas Negeri Jakarta (UNJ), Cecep Gustandi. Cecep menyampaikan bahasan salah satunya mengenai revolusi industri. Selain itu, pentingnya pengetahuan teknologi juga menjadi materi yang dipaparkan dihadapan para dosen.

 “Saya memberikan materi bagaimana e-learning itu bisa terjadi. Kemudian potensi bagaimana ketika teknologi-teknologi sekarang seperti mobile learning, game aplication, internet options itu muncul,” ujar Cecep saat diwawancarai di ruang kelas gedung FEB UMJ.

 

Cecep mengatakan, materi-materi tersebut penting dipahami para dosen sehingga dosen mampu menyesuaikan gerak arus teknologi. Cecep melanjutkan, mahasiswa kini lebih nyaman menggunakan gadget sebagai media belajar. Seperti untuk mengerjakan tugas, mencari referensi dan kebutuhan lainnya.

 “Salah satunya bagaimana tugas mahasiswa itu kita seleksi sebaik mungkin, kemudian kita lihat tingkat plagiarismenya, apakah copy paste atau tidak, kemudian bagaimana bahan ajar itu yang tadinya kita tergantung pada cetak kita arahkan dosen-dosen itu membuat bahan ajarnya berbasis teknologi menggunakan q-are code,” jelas Cecep.

 

Cecep mengatakan, pelatihan diharapkan dapat membuat semua dosen FEB UMJ bisa memahami teknologi sebagai media pembelajaran dan pemanfaatannya. “Kemudian, apa saja bahan ajar yang diperlukan bagaimana dan lebih jauh lagi dengan adanya teknologi sekarang mereka bisa mengaplikasikan itu dalam pembelajaran sehari-hari di perkuliahan,” tandasnya.

 

 

 

Reporter: Muflih Murtadla

Pj Editor: Wadek III, Sulhendri SE., MSi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *