Cirendeu- FEB UMJ bekerjasama dengan Fakultas Ilmu Pendidikan dan Pengetahuan Sosial Universitas Indraprasta PGRI (FIPPS Unindra) menggelar pelatihan membuat jurnal ilmiah, Sabtu, 6 September 2018.
Pelatihan diikuti 10 dosen FEB UMJ dan 12 dosen FIPPS Unindra di ruang baca FEB UMJ. Pelatihan membahas peningkatan kualitas dalam membuat jurnal ilmiah yang memenuhi standar akreditasi kementerian.
Narasumber Pelatihan yang juga merupakan dosen Unindra, Itsar Bola Rangka, M.pd,. Kons, mengatakan, dalam penyusunan jurnal perlu standar yang harus dikejar para pengelola jurnal untuk mendapatkan akreditasi dari kementrian yang menandakan jurnal itu memenuhi kriteria. 
 
Kriteria jurnal yang terakreditasi, kata Itsar sangat banyak, diantaranya kualitas naskah yang mencerminkan informasi suatu kemajuan dari ilmu pengetahuan. “Misalnya, ekonomi bisa berkontribusi dengan pengembangan ilmu ekonomi itu sendiri,” katanya.
 
Selain itu, lanjut Itsar, dosen juga perlu memerhatikan tingkat diversitas/keragaman dari para autor/penulis. Itsar menambahkan, penting untuk para dosen juga mampu merintis dan mengembangkan tata kelola jurnal ilmiah.
 
“Jurnal di Indonesia sangat banyak bahkan menurut data Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia  (LIPI) sampai puluhan ribu,” tandasnya.
 
Sejumlah jurnal yang ada, tambah Itsar, di dorong untuk melahirkan jurnal yang siap untuk diakreditasi. Dengan jurnal yang sudah terakreditasi dosen akan mempunyai sarana untuk menerbitkan karya ilmiah dari para dosen.
 
Itsar berharap, dosen-dosen harus meneliti sesuai dengan kriteria untuk jurnal yang terakreditasi sehingga menghasilkan temuan dalam bidang ilmu  yang akan dijadikan sumber informasi untuk dibaca dan dikutip.
Pelatihan berlangsung secara serius tapi santai yang dimulai pukul 09.15 sampai dengan 11.30 WIB.
Reporter: Muflih Murtadla
Pj. Editor: Wadek III, Sulhendri SE., MSi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *