Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Muhammadiyah Jakarta (FEB UMJ) menjalin kerjasama dengan BIT Group Sdn Bhd Malaysia terkait pendidikan ekonomis Islam. Kerjasama ditandai dengan penandatanganan nota kesepahaman atau Mou, antara kedua pimpinan lembaga, yakni, Dekan FEB UMJ, Dr. Andry Priharta, S.E., M.M.,  dan pihak BIT Group Sdn Bhd, Ruslan Rahman.

 

Penandatanganan kesepakatan dilakukan di ruang seminar FEB UMJ, Cirendeu, Tangsel, Kamis, 2 Agustus 2018. Nota kesepahaman mencakup kerjasama kedua pihak dalam penyampaian nilai-nilai dan pemahaman ilmu syariah terutama untuk mahasiswa perbankan syariah.

 

Perusahaan BIT Group Sdn Bhd sendiri merupakan perusahaan swasta Malaysia yang didirikan di Malaysia pada 2 Oktober 1995. BIT Group didirikan dengan tujuan utama menawarkan solusi teknologi informasi mutakhir layanan penuh. Perusahaan ini berfokus pada solusi jaringan-sentris; menyediakan layanan untuk implementasi, pemeliharaan dan dukungan infrastruktur jaringan dan perangkat lunak jaringan-sentris.

 

Kepala Biro kerjasama dan hubungan Internasional UMJ, Endang Zakaria mengatakan, dengan kerjasama ini BIT Group Sdn Bhd akan ikut membina mahasiswa FEB UMJ dalam bidang syariah. Mahasiswa akan disiapkan bisa ditempatkan bekerja di bank-bank sesuai dengan tuntunan syariah.

 

Mahasiswa FEB UMJ akan memperoleh wawasan dan keilmuan secara online dari pengajar di Malaysia dengan perangkat yang disiapkan  BIT Group Sdn Bhd. “Alumni FEB UMJ saat terjun dimasyarakat tidak hanya memikirkan profit tapi memerhatikan aspek-aspek syariahnya ini adalah murni pembinaan mahasiswa, itu yang dituangkan dalam MoU,” kata Endang.

 

Endang berharap kerjasama ini bisa menambah wawasan mahasiswa di bidang ilmu ekonomi Islam. Mahasiswa tidak hanya mendapat pengajaran dari pengajar Indonesia tetapi juga dari pakar luar negeri.   “Selama ini kan kerjasama antara universitas dengan universitas, nah sekarang ini kerjasama antara universitas dengan perusahaan,” tegas Endang.

 

Pihak BIT Group Sdn Bhd, Ruslan Rahman mengatakan, dalam proses pengajaran pihaknya bertekad memberikan pemahaman sistem perbankan Islam yang sebenar-benarnya. “Kita akan mengajar mahasiswa FEB UMJ yang akan jadi pegawai bank nanti, jadi kita berikan konsep syariah yang benar. Agar FEB UMJ  menjadi pusat untuk bisa menyebarkan konsep kita dari segi Islam,” kata Ruslan.

 

 

 

 

Reporter: Muflih Murtadla

Pj Editor: Wadek III, Sulhendri SE., MSi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *