FEB UMJ terus menyempurnakan menerapkan kurikulum berbasis Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia (KKNI). Hal itu juga dilakukan dengan sosialisasi hasil perubahan kurikulum KKNI kepada Mahasiswa yang digelar 6-11 Agustus 2018, di aula gedung FEB UMJ.

 

(KKNI) adalah kerangka penjenjangan kualifikasi sumber daya manusia Indonesia yang menyandingkan, menyetarakan, dan mengintegrasikan sektor pendidikan dengan sektor pelatihan dan pengalaman kerja. Hal itu diterapkan dalam suatu skema pengakuan kemampuan kerja yang disesuaikan dengan struktur di berbagai sektor pekerjaan. KKNI diatur dalam permenristek no.44 tahun 2015.

 

“Insyaallah kita semester depan (ganjil) ini sudah siap menerapkan KKNI ini. KKNI ini sebenarnya harus diterapkan ditahun 2015. Jadi kita Karena itulah, karena prosesnya itu cukup lama sudah satu setengah tahun,” Kata Wadek I FEB UMJ, Dr. Liza Nora, S.E., M.M., 8 Agustus 2018.

 

Liza menerangkan, dosen FEB UMJ sudah siap menerapkan KKNI. Pihak kampus sudah membekali para dosen dengan pelatihan-pelatihan. Pelatihan-palitan itu antara lain pelatihan membuat Rencana Pembelajaran Semester (RPS) dengan mengadakan  workshopnya. “Kita sudah bekali dosen-dosen dan Insyaallah secara keilmuan sudah siap,” katanya.

 

Liza mengatakan, Penerapan kurikulum baru berbasis KKNI ini berkaitan dengan perubahan sistem perkuliahan semester genap dan ganjil. Diantaranya menyusul adanya mata kuliah baru dan mata kuliah yang dihapus. Selain itu adanya jumlah sks yang besar menjadi 6 sks.

 

Berbagai persiapan sudah dilakukan diantaranya, Peninjauan dan penyempurnaan kurikulum berbasis KKNI,  Penyusunan RPS mata kuliah berbasis KKNI, Pembuatan jadwal semester ganjil tahun akademik 2018/2019,  Penyetaraan mata kuliah lama ke mata kuliah KKNI,  Sosialisasi baik ke dosen maupun mahasiswa, pembimbingan akademik ke mahasiswa saat pengisian Kartu Rencana Studi (KRS), Pelaksanaan semester ganjil tahun akademik 2018/2019 berbasis KKNI

 

 

 

Reporter: Muflih Murtadla

Pj Editor: Wadek III, Sulhendri SE., MSi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *