Kepala Program Studi Ekonomi Islam, FEB UMJ, S.E., M.Si., Siti Jamilah, berhasil meraih gelar doktor bidang Ekonomi dan keuangan Islam di Universitas Trisakti, Jakarta, 8 Februari 2018. Disertasi yang dibuat berjudul ‘Faktor-faktor yang Mempengaruhi Pembayaran Zakat di Tangerang Selatan.’

 

Penulisan disertasi dilakukan di bawah bimbingan Prof. Dr. Uswatun Hasanah, selaku promotor dan Dr. Tatik Maryanti, selaku co-promotor sekaligus Sekertaris Program Islamic Economics and Finance (EIF) Universitas Trisakti. “Alhamdulillah, atas doa semua, gelar doktor ini bisa saya raih,” ujar Jamilah usai menjalani sidang promosi doktor, Kamis, 8 Februari 2018 di Universitas Trisakti, Jakarta.

 

Hasil penelitian yang dilakukan Jamilah menyebutkan bahwa pengetahuan agama Islam, pendidikan, dan pekerjaan mempunyai andil besar dalam pembayaran zakat di Tangerang Selatan. Muslim di Tangsel sebagai individu mengerti dan melaksanakan kewajibannya sebagai pemeluk agama Islam yang memiliki pengetahuan Islam yang baik. Sehingga dengan pendidikan yang baik dapat memahami dan melaksanakan rukun Islam semaksimal mungkin. Ditambah lagi pekerjaan yang dimiliki dapat mewujudkan hal tersebut yakni dengan membayar zakat setiap tahun. “Saya tertarik dengan keuangan Islam. Pendidikan S2 sebelumnya saya pilih bidang manajemen keuangan di UI. Jadi saya meneruskan berkaitan dengan keuangan. Karena saya Kaprodi Ekonomi Islam jadi saya mengambil keuangan Islam,” ucapnya.

 

Jamilah dari disertasinya itu memperoleh nilai memuaskan dalam waktu 3,5 tahun. Saat sidang promosi, Jamilah diuji sejumlah pakar, mereka yakni, Prof. Dr. Yuzwar Zainul Basri, S.E. Ak. MBA., Ph.S., Prof. Hj. Farida Jasfar, M.E., Ph.D., Prof. Dr. Itjang D. Gunawan, Ak., MBA., Dr. Anwar Ibrahim dan Dr. Willy Arafah, M.M.

 

Sidang promosi yang berlangsung mulai pukul 10.00-11.30 WIB itu dihadiri sekitar 100 orang antara lain para pimpinan FEB UMJ, seperti Dekan Dr. Andry Priharta SE. MM., Wadek I, Dr. Liza Nora, SE. MM., Wadek II, Hairul Triwarti SE, Ak, MM., Wadek III, Sulhendri SE. MSi., para dosen karyawan, mahasiswa FEB UMJ, dan sahabat, putra-putri maupun ibunda tercinta Jamilah, Sudan.

 

Ibu dari Mirrah Nabighah dan Sulthan Dzakwan Kautsar itu mengatakan dengan gelar doktornya ini, diharapkan bisa menambah semangatnya mengabdi ke masyarakat melalui dunia pendidikan. Terlebih dirinya sebagai pimpinan dan dosen di FEB UMJ. “Saya ingin memajukan prodi ekonomi Islam, ingin memajukan ekonomi islam lebih maju lagi,” kata Jamilah yang mendapat dukungan penuh keluarga dalam meraih gelar doktornya itu.

 

Sementara, Dekan FEB UMJ,  Dr. Andry Priharta SE. MM., juga memiliki harapan sama. Andry berharap gelar doktor yang diperoleh Jamilah bisa meningkatkan kinerjanya dalam pengabdian ke masyarakat. “Bu Siti Jamilah ini Insya Allah doktor ke-17 dari 60 dosen di FEB. Harapannya bisa membawa kemajuan bagi FEB terutama prodi ekonomi Islam dan prodi yang lain,” tandas Andry di lokasi yang sama.

 

 

 

 

Reporter: Muflih Murtadla

Pj Editor: Wadek III, Sulhendri SE., MSi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *