UMJ

Mahasiswa baru FEB UMJ mengikuti program Baitul Arqam, Kamis 6 September 2018 di ruang kelas FEB UMJ. Baitul Arqam merupakan kegiatan pengkaderan Muhammadiyah yang wajib diikuti setiap mahasiswa UMJ.

 

Mahasiswa yang mengikuti Baitul Arqam diberikan penjelasan tentang berbagai wawasan, seperti pengetahuan kemuhammadiyahan, cara beribadah yang baik dan benar sesuai tuntutan nabi Muhammad SAW,  dan tuntunan bagaimana menjadi mahasiswa yang berakhlak baik. Master of training Baitul Arqam, Gericko Dwi Rizfyanda, mengatakan mahasiswa yang mengikuti Baitul Arqam diharapkan mampu mengetahui lebih dalam tentang kemuhammadiyahan. Mahasiswa juga diharapkan mampu beradaptasi dengan kehidupan kampus dan mampu memposisikan diri sebagai seorang Muhammadiyah.

 

Kegiatan yang dikomandoi langsung rektorat UMJ ini diikuti sebanyak 835 mahasiswa FEB UMJ angkatan 2018. Pelaksanaan Baitul Arqam dibagi menjadi beberapa gelombang. Satu gelombang diikuti sekitar 300 mahasiswa yang dipecah dalam 12 kelas. Peserta dibina para dosen yang menguasai mata kuliah Al-Islam dan Kemuhammadiyahan.

 

Kegiatan ini rutin dilaksanakan setiap tahun. Ini akan berlanjut dididik kembali di mata kuliah Al-Islam Kemuhammadiyahan diperkuliahan,” ujar Gericko dengan menambahkan mahasiswa yang tidak mengikuti tahun ini wajib mengikuti pada tahun depan.

 

Gericko menjelaskan, kegiatan ini terinspirasi dari sahabat nabi Muhammad SAW bernama Arqam waktu awal mula ikut bersama nabi. Saat itu Rasulullah baru memiliki 12 pengikut. Arqam dijelaskan Gericko, saat itu diajak masuk Islam oleh Abu Bakar Asshiddiq. Baitul Arqam diartikan sebagai rumahnya Arqam. Sinonimnya adalah Darul Arqam. Pada saat itu pergerakannya masih diam-diam di rumah Arqam untuk membina para sahabat Rasulullah SAW.

 

 

Reporter: Muflih Murtadla

Pj Editor: Wadek III, Sulhendri SE., MSi

One thought on “Mahasiswa Angkatan 2018 FEB UMJ Ikuti Baitul Arqam”

  1. pak, saya mau nanya, ko sertifikat ban-pt fakultas ekonomi umj tidak ada di website? tapi kalo untuk fakultas lain itu ada kalau saya liat, soalnya saya perlu sertifikat tsb

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *