90 Mahasiswa FEB UMJ menggelar aksi sosial di Kampung Bojong, Sukaresmi, Cianjur, Jawa Barat. Mahasiswa yang tergabung dalam Himpunan Mahasiswa Manajemen (HIMMA) ini melakukan kegiatannya pada tanggal 13-18 Agustus 2018.

 

Kegiatan sosial ini bertajuk ‘HIMMA mengabdi’. ‘HIMMA mengabdi’ merupakan program kerja rutin mahasiswa manajemen FEB UMJ. Program ini  juga merupakan wadah mahasiswa dalam menumbuhkan jiwa kepedulian  sosial dan pengembangan potensi mahasiswa. 

 

Ketua pelaksana kegiatan, Catalyaranda, mengatakan Kampung Bojong menjadi lokasi aksi sosial atas berbagai pertimbangan. Kampung Bojong merupakan daerah pegunungan yang memiliki sumber air yang berkualitas dengan masyarakatnya kebanyakan berprofesi petani. Namun, pengelolaan sumberdaya di sana masih perlu terus didorong sehingga HIMMA memilih untuk mengembangkan potensi lokal di daerah itu.

 

Hasil penelusuran, Catalyaranda mengatakan pemahaman cara mengelola air oleh masyarakat setempat masih belum maksimal. Hal itu akibat pengetahuan yang minim tentang bagaimana mengelola air. “Selain itu karena akses menuju Kampung Bojong sulit dilewati dan jarak dari perkotaan yang sejauh sekitar 7 KM,” ujar Catalyaranda.

 

HIMMA pada aksi sosialnya membangun bak penampungan air yang berfungsi sebagai penampung/penyimpan air dari hasil olahan maupun langsung dari sumber mata air. Bak penampung juga berfungsi sebagai pengelolaan distribusi air di masyarakat. 

 

Selain itu, HIMMA membuat program pembentukan karakter sejak dini melalui motivasi kepada anak-anak mengenai pentingnya pendidikan. Ini bertujuan mengembangkan potensi dasar anak di Kampung Bojong.

“Alhamdulillah warga di sana sangat antusias, mereka sangat terbuka bahkan ikut mensukseskan kegiatan kita, pihak fakultas juga ikut mendukung dan membantu jalannya acara HIMMA mengabdi,” kata mahasiswa angkatan 2016 itu.

 

 

 

 

 

Reporter: Muflih Murtadla

Pj Editor: Wadek III, Sulhendri SE., MSi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *