Antusias Akademisi dan peneliti mempublikasikan hasil penelitian melalui Konferensi Nasional Ekonomi Manajemen Akutansi (KNEMA) terbilang tinggi. 106 peserta dari 50 institusi tercatat mendaftarkan diri sebagai peserta seminar dan workshop call for paper, KNEMA. “Bagi saya, ini kejutan ya. Kita baru pertama ini menggelar KNEMA, namun antusias para akademisi, peneliti begitu tinggi,” ujar Dekan FEB UMJ, Andry Priharta, Sabtu, 17 Februari 2018.

 

Peneliti yang sudah mendaftarkan diri itu kebanyakan berasal dari perguruan tinggi di sejumlah wilayah di Indonesia. Sebagian lain merupakan peneliti dari kantor jasa akuntansi maupun perwakilan Kementerian Perdagangan Republik Indonesia.

 

Andry mengatakan, tingginya antusias akademisi mengikuti acara yang digelar pada 23-24 Februari 2018 ini, merupakan satu bukti meningkatnya kesadaran masyarakat atas pentingnya  penelitian. Selain itu, Andry meyakini tema KNEMA yang bertajuk “PENGUATAN KELEMBAGAAN BISNIS: peran manajemen dan akuntansi untuk mencapai ekonomi berkeadilan,” juga menjadi daya tarik bagi para peserta. “Tema itu kita ambil karena kita harus memiliki ekonomi yang berkeadilan, dapat mengakses sumberdaya dan dapat memanfaatkan apa yang ada terkait dengan kegiatan perekonomian,” terang Andry.

 

Selain antusias peserta yang tinggi, Andry juga mengungkapkan besarnya dukungan dari institusi lain guna terlaksananya KNEMA. FEB UMJ disampaikan Andry mendapat dukungan dari sejumlah perguruan tinggi seperti FEB Universitas Muhammadiyah Palu, FEB Universitas Muhammadiyah Luwuk, FEB Universitas Muhammadiyah Malang, FEB Universitas Muhammadiyah Metro, FEB Universitas Muhammadiyah Tangerang, STIE Indonesia, Universitas Al Azhar Indonesia dan sejumlah kampus lainnya. 

 

“Ada juga dukungan dari lembaga lain seperti Ikatan Akuntan Indonesia, Kompartemen Pendidik kemudian, Ikatan Keluarga Akutansi Indonesia, Ikatan Sarjana Indonesia cabang Jakarta, dan sebagainya. Jadi kita memang mengajak pihak lain untuk keramaikan agenda ini,” tandas Andry.

 

Reporter: Muflih Murtadla

Pj Editor: Wadek III, Sulhendri SE., MSi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *