Dosen FEB UMJ mengikuti pelatihan lanjutan Peningkatan Keterampilan Dasar Teknik Instruksional (PEKERTI) pada Jumat, 23 Agustus 2018. Pelatihan dilakukan di ruang kelas gedung FEB UMJ membahas tema perkembangan peserta didik orang dewasa.

 

Narasumber pelatihan, Gum Gum Gumilar, mengatakan tugas dosen bukanlah tugas yang mudah karena harus berhadapan dengan peserta didik yang merupakan orang dewasa. Dosen dituntut terus berinovasi dan beradaptasi mengikuti perkembangan jaman.

“Pelatihan lanjutan ini dapat terus memperbaharui kemampuan dosen. Teknik mengajar itu sebaiknya dikembalikan kepada dosen. Dosen bisa memahami karakteristik peserta didiknya. Karakteristik mahasiswa saat ini tentu berbeda dengan mahasiswa tahun-tahun sebelumnya. 10 tahun lalu teknik yang dosen ajarkan belum tentu cocok dengan mahasiswa generasi saat ini,” kata Gumilar saat diwawancarai usai pelatihan.

 

Gumilar mengatakan, dosen FEB antusias mengikuti pelatihan. Para dosen bersemangat untuk meningkatkan skill teknik cara didik mereka saat berhadapan dengan mahasiswa. 

“Setiap dosen memang perlu membangun atmosfir dan proses belajar mengajar yang menyenangkan, menarik, menantang dan membuat applicable. Kemudian kita gunakan dengan baik di kelas. Suasana kelas menjadi hidup, jadi tertantang dan tidak membosankan sehingga peserta didik betah saat mengikuti proses pembelajaran,” kata Gumilar.

 

 

 

Reporter: Muflih Murtadla

Pj Editor: Wadek III, Sulhendri SE., MSi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *