FEB UMJ Sosialisasi Perubahan Penulisan Skripsi 2018

Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Muhammadiyah Jakarta (FEB UMJ) menggelar sosialisasi buku pedoman penulisan skripsi edisi revisi 2018. Sosialisasi yang dilaksanakan di Gedung Utama Lt. 3.7, Selasa 16 Januari 2018 itu dipimpin langsung ketua tim sosialisasi, Dr. Riyanti SE. MM.

Riyanti mengatakan, sosialisasi digelar agar para dosen memiliki acuan standar dan keseragaman dalam membimbing mahasiswa menulis skripsi. "Peserta sosialisasi adalah semua dosen tetap yang nantinya akan membimbing skripsi sesuai dengan Surat Keputusan yang mereka peroleh," kata Riyanti di sela sosialisasi.

Para peserta, lanjutnya, berjumlah 55 orang yang terdiri dari dosen program Manajemen, Program Akuntansi, maupun Program Ekonomi Islam. Sosialisasi juga dilakukan mengingat ada sejumlah perubahan dan penyempurnaan dalam pedoman penulisan skripsi edisi 2018. Sebelum diubah, buku pedoman ini sudah digunakan selama lima tahun sejak 2013 lalu.
"Perubahannya seperti, yang sebelumnya menggunakan huruf Tahoma kini menggunakan Times New Roman," kata Riyanti.

"Kemudian, buku sebelumnya belum ada keterangan pengumuman ujian skripsi, kita munculkan. Kemudian prosedur penyerahan skripsi," tandasnya.

Perubahan lainnya, tambah Riyanti, mengenai sistematika penulisan. Jika sebelumnya hanya menggunakan kuantitatif, saat ini menggunakan kuantitatif dan kualitatif. Selain itu mengenai penyajian data statistik, bila sebelumnya hanya menyalin dari software, saat ini disusun sesuai kebutuhan.

"Kemudian kutipan juga ada aturannya,  juga mengenai daftar pustaka yang kini kita menggunakan American Psychological Association atau APA," jelasnya.

Riyanti berharap, buku ini bisa efektif membantu para dosen maupun mahasiswa dalam penulisan skirpsi mendatang.


__


Reporter:  Muflih Murtadla