Peluang Kerja Terbuka, FEB UMJ Tambah Peminatan Manajemen Operasi

(Kaprodi Manajemen FEB UMJ, Azimah Hanifah, S.E., M.Si.)


Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) UMJ terus melakukan pengembangan dan penyempurnaan kualitas pelayanan pendidikan. Program Studi Manajemen yang menjadi bagian FEB UMJ membuka perkuliahan peminatan bidang Manajemen Operasi pada semester genap mendatang.

Ketua Program Studi (Kaprodi) Manajemen FEB UMJ, Azimah Hanifah, S.E., M.Si. mengatakan, dibukanya peminatan bidang Manajemen Operasi ini merupakan salah satu upaya FEB UMJ meningkatkan kompetensi lulusannya. "Kita membuka konsentrasi Manajemen Operasi, ini sesuai dengan score bahwa Program studi Manajemen secara umum membidangi konsentrasi Manajemen SDM, Manajemen Pemasaran, Manajemen Keuangan, dan Manajemen Operasi," jelas Azimah, kepada reporter febumj.ac.id, Muflih Murtadla, Jumat, 26 Januari 2018.

Azimah menerangkan dibukanya peminatan Manajemen Operasi ini juga terkait langkah FEB UMJ yang semester depan menggunakan kurikulum baru dan mengacu pada Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia (KKNI). KKNI ini merupakan acuan bagi semua perguruan tinggi dalam membuat kurikulum yang mulai diterapkan pada 2018. "Ahli di bidang kurikulum, menyarankan kita untuk membuka konsentrasi bidang manajemen operasi, agar prodi kita sesuai dengan score Manajemen," ucapnya.

Azimah mengatakan, Manajemen Operasi ini berkaitan dengan kegiatan operasi atau operasional perusahaan, diantaranya Manajemen Proyek, Manajemen Rantai Pasokan, Riset Manajemen Operasi dan Manajemen Transportasi. "Selain Operasi, sebenarnya banyak kita lakukan revisi karena kebutuhan kompetensi kedepannya" ujarnya.

Azimah menambahkan, pihaknya sudah melakukan sosialisasi ke mahasiswa pada 13 Januari 2018 lalu terkait penambahan peminatan Manajemen Operasi ini. Sosialisasi dilakukan agar mahasiswa memahami pertimbangan yang diperlukan dalam memilih suatu bidang peminatan atau konsentrasi. "Salah satu kaitannya mengenai prospek pekerjaan ke depan," terangnya.

Konsentrasi Manajemen Operasi dikoordinatori oleh Dr. Fadhilah Izhari. SE. MM dan Hasanah, SE. MM. dalam tim konsentrasi ada Joko Hananto, S.T., M.M., Dr. Eddy Irsan Siregar, ST. MM., dan Daman Sudarman, SE.MM.


Sosialisasi Konsentrasi Manajemen Operasi

(Sosialisasi Peminatan pada Program Studi Manajemen, di Ruang Aula, Lt.4 Gedung Baru FEB UMJ, 13 Januari 2018)


Peminatan Manajemen Operasi sebenarnya bukan hal baru bagi FEB UMJ. Sebelumnya peminatan yang sama pernah dibuka sekitar 6 tahun lalu, namun perkuliahan tidak berlanjut karena mahasiswa lebih memilih peminatan lain. Padahal, idealnya kuliah peminatan bisa berjalan dengan minimal 10 mahasiswa. "Nah, setelah kita sosialisasi lagi Januari kemarin ternyata peminatnya bertambah, terdaftar jadi ada sekitar 15 sampai 16 orang," terangnya 

Azimah menambahkan, kajian dan rancangan konsentrasi Manajemen Operasi sudah dilakukan sejak setahun terakhir. Dirinya berharap, dibukanya peminatan Manajemen Operasi ini membantu mahasiswa dalam meraih profesi yang diinginkan. "Peluang pekerjaan bidang Manajemen operasional ini besar ya, menurut Ibu besar karena yang khusus tentang Manajemen Operasi itu tidak banyak. Jadi untuk prospek pekerjaan InsyaAllah besar," tutupnya.

 

 

Reporter:  Muflih Murtadla

Pj. Editor:  Wadek III, Sulhendri SE, MSi


---