Mahasiswa FEB UMJ Gelar Bina Desa di Cibuyutan, Bogor

(Ketua BEM FEB UMJ, Iqbal Fadillah)


Mahasiswa yang tergabung dalam Badan Eksekutif Mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Muhammadiyah Jakarta (BEM FEB UMJ) akan melaksanakan program Bina Desa di Cibuyutan, Sukarasa, Jonggol, Kabupaten Bogor.

Istilah agent of social control yang kerap disematkan kepada mahasiswa, membuat BEM FEB UMJ bergerak melakukan kontribusi sosial kepada masyarakat. Selain itu, landasan Catur Darma Perguruan Tinggi untuk mengabdi kepada masyarakat juga menjadi acuan dalam melakukan perubahan melalui program yang akan dilalukan pada 19-25 Februari 2018.

BEM FEB UMJ merangkul mahasiswa baik mahasiswa UMJ atau universitas lain untuk ikut serta dalam program ini. Menurut Ketua BEM FEB UMJ, Iqbal Fadillah, sebelumnya  program Bina Desa di Cibuyutan pernah dilakukan BEM UMJ. Kemudian mereka melanjutkan program ini karena melihat kondisi masyarakat yang perlu perhatian.

"Desa Cibuyutan perlu perhatian yang lebih, tidak bisa dalam jangka waktu satu atau dua bulan. Jangan hanya hari ini kita mengabdi tapi cobalah program  ini menjadi program yang berkelanjutan," kata Iqbal, kepada reporter febumj.ac.id, Muflih Murtadla, Sabtu, 5 Februari 2018.

Iqbal menyebutkan, mahasiswa telah menyusun rangkaian program dan kegiatan yang akan dilaksanakan di desa yang memiliki 183 Kepala Keluarga ini.

"Kami akan mendirikan aula yang nantinya digunakan oleh teman-teman disana belajar mengaji kemudian sebagai wadah aspirasi dan tempat pertemuan antar warga dan pejabat di sana," papar Iqbal.

Ia melanjutkan, kegiatan lain yang akan dilakukan meliputi sosialisasi koperasi, dan  mengajar anak-anak Sekolah Dasar. "Di desa itu hanya ada SD, makanya rata-rata mereka sekolah hanya tamat SD. Kalau mereka ingin meneruskan ke jenjang selanjutnya mereka harus keluar dari desa tersebut jauh jaraknya," terang Iqbal.

"Karena di sana juga minim guru, nanti akan bantu sesuai kebutuhan biasanya mereka butuh guru pelajaran IPS, IPA,  matematika," lanjutnya.

Iqbal mengatakan, BEM FEB UMJ masih membuka kesempatan kepada mahasiswa yang ingin bergabung dalam program Bina Desa Ini. Ia juga berharap, program ini dapat membantu warga  Cibuyutan menjadi warga yang melek terhadap dunia terutama soal ekonomi dan pendidikan. "Saya harap desa ini menjadi desa maju," pungkasnya.



Reporter:  Muflih Murtadla

Pj. Editor:  Wadek III, Sulhendri SE, MSi

 

----------------------