FEB UMJ Gelar Konfrensi Nasional KNEMA



Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Muhammadiyah Jakarta (FEB UMJ) kembali menunjukan posisinya sebagai salah satu kampus terdepan dalam dunia pendidikan di tanah air. FEB UMJ akan menyelenggarakan Konferensi Nasional Ekonomi, Manajemen dan Akuntansi (KNEMA) 2018.

KNEMA digelar Jumat-Sabtu, 23-24 Februari 2018 mendatang. Konfrensi nasional ini diberi tajuk “Penguatan Kelembagaan Bisnis : Peran Akuntansi dan Manajemen untuk Mencapai Ekonomi Berkeadilan.

Ketua Pelaksana KNEMA, Dr. Ir. Eddy Irsan Siregar, ST. MM mengatakan FEB UMJ sengaja membuat konfrensi ini untuk memfasilitasi para dosen mempublikasikan penelitiannya.

"Dosen itu mempunyai tiga kewajiban, yang pertama mengajar, kemudian pengabdian masyarakat, satu lagi penelitian. Jadi dari latar belakang penelitian itu harus dipublikasikan dan publikasi itu di seminarnya nanti," kata Eddy, kepada reporter febumj.ac.id, Muflih Murtadla.

Eddy menjelaskan, konfrensi akan dibagi menjadi beberapa bagian, yakni Workshop pada 23 Februari, seminar dan call for paper pada 24 Februari 2018 yang digelar di Aula FEB UMJ. Sementara dijelaskan Eddy, batas pengumpulan call for paper pada 23 Januari 2018, batas waktu pembayaran pemakalah pada 23 Januari 2018, dan presentasi akan digelar 24 februari.

"Call for paper ada 100 peserta, dibagi 10 kelas masing-masing kelas mempresentasikan hasil penelitian mereka. Nanti dicatat, semua dipublikasikan ke majalah namanya jurnal dan dipublikasi," tandasnya.

Eddy menambahkan, Paper terpilih akan dipublikasikan di jurnal Buletin Ekonomi Moneter dan Perbankan (BEMP), Bank Indonesia (terakreditasi), Jurnal Akuntansi Multi Paradigma (JAMAL) (terakreditasi), Jurnal Ilmiah Ekonomi dan Bisnis (UNILAK) (terindeks DOAJ), dan Workshop metodologi penelitian (eksperimen dan religionis).

Sementara seminar nasional ini akan dihadiri banyak pembicara terkenal dan menguasai bidangnya. Begitu juga dengan topik yang hangat dan berbobot. "Termasuk kita bahas persoalan yang terjadi di Asmat, Papua," ujar Eddy.

 


Reporter:  Muflih Murtadla

Pj. Editor:  Wadek III, Sulhendri SE, MSi

 

----------------------