36 Dosen Muda dan Dosen Kader FEB UMJ Ikuti Pelatihan

(Dekan FEB UMJ Dr. Andry Priharta SE., MM.)



Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Muhammadiyah Jakarta (FEB UMJ) menggelar pelatihan dosen muda dan dosen kader guna pengembangan sumber daya manusia (SDM). Pelatihan dosen muda dan dosen kader dilaksanakan pada 17-18 Maret 2018 di Di Hotel Grand Hill, Cisarua, Puncak, Bogor, Jawa Barat.

Pelatihan ini bertujuan untuk pengembangan rencana strategis SDM FEB UMJ. Pelatihan hari pertama diisi dengan beberapa materi yang fokus pada Catur Dharma perguruan tinggi Muhammadiyah, yakni,  Al-Islam kemuhammadiyahan, hak dan Kewajiban dosen, visi dan misi FEB UMJ, pendidikan dan pengajaran, penelitian dosen dan pengabdian masyarakat.

"Para dosen muda akan diberikan edukasi dan pemahaman lebih, bagaimana seharusnya menjadi dosen. Juga untuk menyatukan persepsi semua dosen," ujar Dekan FEB UMJ Dr. Andry Priharta SE., MM., di kantornya, Rabu, 14 Maret 2018.

Pada hari kedua FEB UMJ bekerja sama dengan PT. Sinergi Daya Insani (konsultan psikologi dan SDM) untuk mengembangkan SDM dengan mengadakan kegiatan outbond. Hal itu untuk melatih para dosen mengajar dan solid dalam satu tim yang memiliki kesepahaman.

Pembicara pelatihan dosen muda dan dosen kader adalah konsultan psikologi dan SDM PT. Sinergi Daya Insani dan dosen internal FEB UMJ yang memiliki pengalaman lebih. Sebagiannya juga menjabat dalam struktur pengurusan di Fakultas dan Universitas.

Tercatat 36 peserta yang terdiri dari 28 dosen muda dan 8 dosen kader FEB UMJ menjadi peserta pelatihan. Peserta pelatihan adalah dosen yang  belum genap tiga tahun mengajar dan belum memiliki jabatan akademik di FEB UMJ.

Andry mengatakan, dosen muda dan dosen kader wajib mengikuti pelatihan pengembangan SDM FEB UMJ. Hal ini bertujuan agar dosen muda dan dosen kader mampu melakukan tugasnya dengan baik dan memahami tugas-tugas sebagai dosen pada saat perkuliahan.

Kegiatan pelatihan ini sudah berjalan selama 3 tahun. Andry berharap, pelatihan ini mampu meningkatkan kualitas SDM FEB UMJ semakin baik, membawa arah ke yang lebih baik, mencapai tujuan, visi dan misi FEB UMJ. "Semoga tujuan ini tercapai," tandas Andry.

Sementara Wakil Dekan II, Hairul Triwarti, SE., Ak., MM., menjelaskan sejumlah pembicara pada pelatihan ini antara lain Ketua Anggota BPJ, Hajrianto Tohari, Wakil Rektor 2 UMJ, Haris Sarwoko dengan materi hak dan kewajiban dosen, Dekan FEB UMJ, Dr. Andry Priharta SE., MM., dengan materi visi dan misi FEB UMJ, Ketua Program Studi MM FEB UMJ, Dr. Fadhilah Izhari. SE. MM., dengan materi pendidikan dan pengajaran, Dosen Tetap Iskandar Zulkarnain dengan materi penelitian dosen, dan Dosen tetap Maswanto dengan materi pengabdian masyarakat.



Reporter: Muflih Murtadla

Pj Editor: Wadek III, Sulhendri SE., MSi