FEB UMJ Siapkan Mahasiswa Peserta KKN Muhammadiyah untuk Negeri

(Wakil Dekan III, FEB UMJ, Sulhendri, SE., M.Si)



FEB UMJ menjaring calon peserta Kuliah Kerja Nyata Muhammadiyah (KKN MU) untuk Negeri 2018. Program ini merupakan program KKN gabungan antara Perguruan tinggi Muhammadiyah se-Indonesia.

Wakil Dekan III, FEB UMJ, Sulhendri, SE., M.Si mengatakan, pihaknya melakukan penjaringan dan penyaringan mahasiswa yang memiliki tekad kuat mengikuti program. Mahasiswa yang lolos, akan mewakili UMJ saat terjun di tengah-tengah masyarakat nanti. "FEB UMJ mencari mahasiswa yang benar-benar kompeten dan mahasiswa yang benar-benar terpanggil untuk mengikuti kegiatan KKN muhammadiyah," ujar Sulhendri, Senin, 19 Maret 2018.

Seleksi calon peserta KKN MU dilakukan secara ketat. Mahasiswa yang mendaftarkan diri pada tingkat fakultas akan kembali menjalani seleksi di tingkat universitas. "Mungkin dari 10 bisa jadi hanya satu atau dua orang yang lolos, atau bahkan bisa jadi tidak ada yang lolos sama sekali," kata Sulhendri.

Peserta yang lolos seleksi nantinya akan memperoleh pembekalan terkait KKN MU. Pembekalan diberikan oleh perwakilan Lembaga penelitian dan pengabdian masyarakat (LPPM).

Lanjut Sulhendri, peserta KKN MU akan diterjunkan di desa-desa terpencil. Mereka akan menerapkan ilmu yang diperoleh di kampus agar masyarakat setempat bisa merasakan manfaatnya. "Jadi, yang dari jurusan manajemen bisa melihat potensi apa yang ada di dalam desa tersebut, apa yang bisa digali, pemberdayaan dari UMKM yang ada di desa tersebut misalnya," ujar Sulhendri.

Begitu juga dengan mahasiswa jurusan akuntansi, diharapkan mampu menerapkan teori seputar bidangnya. Misalnya soal pencatatan arus keuangan, pembukuan UMKM di daerah tersebut. "Sehingga ke depannya masyarakat setempat bisa melakukan pembukuan dengan lebih baik," ucapnya.

KKN MU untuk Negeri adalah kegiatan gabungan perguruan tinggi Muhammadiyah (PTM) se-Indonesia yang digelar setiap tahunnya. Pada periode ke V ini, tercatat 174 PTM mengikuti kegiatan KKN MU. Kegiatan yang dilaksanakan berbentuk pembelajaran dan pemberdayaan melalui kegiatan pendidikan dan pengajaran, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat oleh sebuah atau beberapa PTM.

Peserta dari UMJ didampingi dosen pendamping nantinya akan dilepas di kampus UMJ pada 30 Juli 2018 dan akan di tarik kembali pada 6 September 2018. Sulhendri berharap, mahasiswa antusias untuk mengikuti KKN MU untuk Negeri. "Ini kesempatan emas untuk mahasiswa menunjukan pengabdian untuk negeri," tandasnya.



Persyaratan mengikuti kegiatan KKN MU diantaranya,

1. Peserta harus lulus minimal 110 SKS (lampiran KHS)
2. IPK minimal 3,00 (dibuktikan dengan KHS)
3. Lolos seleksi
4. Bersedia berkerja Tim/kelompok
5. Mengisi formulir pendaftaran dengan melampirkan :
    a. Surat pernyataan keikutsertaan
    b. Pas foto 3x4 tiga lembar
    c. Sehat jasmani dan rohani (surat keterangan dari dokter)
    d. Surat izin orang tua (materai Rp. 6000,- )
    e. Daftar riwayat hidup
    f. Keterangan aktif organisasi (nilai tambah)
6. Peserta membayar living cost sebesar Rp. 1.350.000,-



Reporter: Muflih Murtadla

Pj Editor: Wadek III, Sulhendri SE., MSi