Dosen FEB UMJ yang Mengabdi Selama 30 Tahun Ini Raih Gelar Doktor

(Dr. Sabarudin, SE., MM., Msi)

 

Dosen Program Studi Akuntansi FEB UMJ, Sabarudin, SE., MM., Msi., berhasil meraih gelar doktor ilmu ekonomi di Universitas Trisakti, Jakarta, Selasa, 28 Maret, 2018. Sabarudin merupakan doktor ilmu ekonomi ke-208 di Universitas Trisakti.


Program studi yang ditempuh Sabarudin yakni Ilmu Ekonomi konsentrasi Akuntansi. Ia menulis disertasi berjudul 'Pengaruh Persepsi atas Korupsi, Pelayanan Fiskus dan Sanksi Pajak Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak dengan Self Assessment System Sebagai Variabel Intervening (studi empiris pada manajer di kawasan industri MM2100 Cibitung).' "Prosesnya yang cukup panjang dan butuh pengorbanan baik tenaga, waktu, maupun pikiran. Kemudian juga harus ada motivasi dari dalam diri kita agar kita bisa menyelesaikan disertasi ini," ujar Sabaruddin kepada febumj.ac.id, di ruang sidang, auditorium FEB Trisakti, Selasa, 28 Maret 2018.

 

Sabarudin menjalani sidang promosi mulai pukul 10.00 WIB sampai dengan 11.45 WIB. Disertasi diuji oleh beberapa promotor dan tim penguji, yakni ketua sidang, Prof.Dr. Itjang D. Gunawan, Ak. MBA., Sekertaris Sidang, Prof. Dr. Hj. Farida Jasfar, ME., Ph.D., promotor , Prof. Dr. Yuswar Z. Basri, SE. Ak., Kopromotor 1, Dr. Susi Dwimulyani, SE.  Ak. CA., Kopromotor 2 Dr. Waluyo, SE. Ak. MSc. 

 

Disertasi Sabarudin menghasilkan kesimpulan bahwa, persepsi atas korupsi dan persepsi terhadap pelayanan fiskus tidak berpengaruh terhadap kepatuhan wajib pajak. Namun persepsi atas sanksi pajak berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepatuhan wajib pajak. Hal itu memperlihatkan bahwa praktek self assessment system sebagai variabel intervening berhasil memediasi pengaruh persepsi atas korupsi, pelayanan fiskus, dan sanksi terhadap kepatuhan wajib pajak.


Sabarudin menyelesaikan program doktornya dalam waktu 4,5 tahun dengan predikat nilai memuaskan. Sidang doktor dihadiri 50 tamu undangan yang diantaranya adalah keluarga dan dosen FEB UMJ. "Alhamdulillah mereka sangat mendukung sangat maksimal," ujar ayah dari Intan Camelia dan Salman Alfatizi itu.

 

 

 

 

Sabarudin merupakan salah satu dosen yang paling lama mengabdi di FEB UMJ. Dosen akuntansi itu telah berkontribusi positif menjadi tenaga pendidik di FEB UMJ selama sekitar 30 tahun. Selain mengajar, Sabarudin juga kerap mendapat jabatan penting. Ia memulai karir di FEB UMJ sebagai staf administrasi. 

 

Berikut catatan karir Sabarudin di FEB UMJ:

 

1988-1997 bergabung di FEB UMJ sebagai staf administrasi, 

 

1997-1999 ia menjabat sebagai kepala laboratorium komputer, 

 

1996-sekarang ia menjadi Dosen FEB UMJ

 

2008-2012 ia menjadi anggota Senat UMJ

 

2009-2011 ia sebagai kepala pusat pemberdayaan Ilmu Akutansi FEB UMJ.

 

2011-2013 menjabat sebagai ketua gugus kendali mutu (GKM) pemberdayaan ilmu akutansi FEB UMJ.



Reporter: Muflih Murtadla

Pj Editor: Wadek III, Sulhendri SE., MSi