Dosen FEB UMJ Ikuti Sosialisasi Aplikasi SISTER




Dosen FEB UMJ mengikuti acara sosialisasi Aplikasi Sistem Informasi Sumberdaya Terintegrasi (SISTER) di Aula FEB UMJ, pada 3 April 2018 lalu. Materi sosialisasi disampaikan Pusat Pelaporan Data UMJ.

SISTER merupakan sebuah aplikasi yang dirancang sebagai one stop service bagi layanan terhadap data portofolio, perubahan data dosen, dan proses-proses lain terkait kepangkatan / karir dosen. Aplikasi ini merupakan sistem yang dibuat dan dikembangkan Dirjen SDID Ristek DIKTI.

Operator pusat pelaporan data UMJ, Taufiqurrochman, M., KOM, mengatakan, sosialisasi dilakukan antara lain untuk memastikan semua dosen FEB UMJ terdaftar dalam aplikasi SISTER.

"Aplikasi tersebut itu hubungannya antara dosen dan pemeriksa langsung DIKTI. Sosialisasi diperlukannya agar dosen terdaftar di sistem milik DIKTI ini," ujar Taufiq.

Taufiq menambahkan setelah terdaftar, setiap dosen aktif untuk memasukan dan memperbaharui data-data formal diri ke dalam sistem SISTER. Data-data tersebut seperti aktivitas dosen, riwayat pengajaran, penelitian yang dilakukan, pengabdian masyarakat dan sebagainya. Data-data yang di masukan itu nantinya menjadi bahan penilaian Dikti terhadap dosen yang bisa berpengaruh ke karir dosen bersangkutan.

"Kalo aktif melakukan update data, baik pengajaran, pengabdian masyarakat, dan sebagainya dosen tersebut akan mendapatkan nilai bagus dari Dikti dan bisa menunjang karirnya," kata Taufiq.

Taufiq mengatakan, kedepan pihaknya akan memantau keaktifan setiap dosen dalam memperbaharui data formalnya. Rektorat, kata Taufiq, ingin memastikan para dosen FEB UMJ dan fakultas lainnya di UMJ memanfaatkan SISTER ini dengan baik.

Sosialisasi yang dihadiri seluruh dosen FEB UMJ digelar pada pukul 14.00 WIB sampai 16.30 WIB. Para dosen yang hadir mengikuti sosialisasi dengan antusias.

 

 

 

Reporter: Muflih Murtadla

Pj Editor: Wadek III, Sulhendri SE., MSi